Wednesday, December 23, 2009

Macan Langka China Berakhir di Perut Penduduk

Macan Langka China Berakhir di Perut PendudukSeorang penduduk di China, Kang Wannian, divonis 12 tahun gara-gara memakan salah satu spesies langka di China, macan Indochina. Macan yang dimakan penduduk desa itu diperkirakan adalah spesies terakhir yang hidup di China.

Seperti dikutip dari laman Telegraph edisi 22 Desember 2009, penduduk asal Mengla, Provinsi itu mengaku bertemu dengan sang macan langka pada Februari lalu saat dirinya akan mengumpulkan kerang di perairan dekat perbatasan China dengan Laos. Dia mengaku terpaksa membunuh macan itu untuk melindungi diri.

Pengadilan lokal memvonis Kang 10 tahun penjara karena membunuh spesies langka serta dua tahun untuk kepemilikan senjata ilegal.

Macan jenis ini terakhir terlihat 2007 di wilayah yang sama dengan Kang membunuh macan. Gambar terakhir ini diabadikan oleh sebuah media. Sejak itu, macan ini tidak pernah lagi terlihat sampai ada kabar Kang memakan macan.

Namun, Biro Kehutanan provinsi mengatakan belum ada bukti jika macan tersebut merupakan macan Indochina terakhir yang ada di negara itu.

Empat penduduk desa lainnya yang membantu Kang memotong tubuh macan pun kena getah. Mereka diganjar dengan penjara 3-4 tahun karena ikut membantu serta menuntupi kejahatan ini.

Macan Indochina berada diambang kepunahan. Jumlahnya saat ini tidak lebih dari 1000 ekor yang tersebar di hutan Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Myanmar.

sumber: vivanews.com

No comments:

Post a Comment