Saturday, December 5, 2009

Hilangkan Bau Mulut dengan Teh

Hilangkan Bau Mulut dengan TehPenelitian yang dilakukan tim dari fakultas gigi, University of Illinois di Chicago, Amerika Serikat menunjukkan pemicu bau mulut yang dominan adalah bakteri yang bersarang di belakang lidah. Bakteri tersebut memancarkan hidrogen sulfida yang membuat nafas menjadi tidak sedap.

Bakteri tersebut tidak mungkin dihilangkan dengan menyikat gigi. Cara yang paling pas untuk melenyapkan bakteri tersebut adalah dengan meminum teh. Zat polifenol pada teh bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang bersembunyi dibelakang lidah.

Untuk membuktikannya peneliti mengambil tiga jenis bakteri penyebab bau mulut dan menempatkannya dalam wadah yang berisi teh selama 48 jam. Hasilnya adalah zat polifenol dalam teh membuat bakteri sulit untuk berkembang biak, meskipun jumlahnya sedikit.

Teh memang salah satu bahan alami pencegah bau tidak sedap. Jika Anda sering mengalami masalah bau mulut, teh adalah salah satu cara untuk mengatasinya selain sikat gigi.

Setelah minum teh, Anda bisa sikat gigi atau kumur-kumur untuk menhindari noda teh yang bisa membuat gigi berwarna kekuningan. Manfaat teh lainnya yaitu bisa mengurangi bau kaki. Caranya, rendam kaki Anda dalam air seduhan teh selama 5 hingga 10 menit.

No comments:

Post a Comment