Wednesday, December 23, 2009

Fantastis! Avatar Hampir Tembus US$10 Miliar

Avatar Hampir Tembus US$10 MiliarMengutip variety.com prestasi mengejutkan diraih Avatar karena mampu meraup pendapatan US$9,9 miliar. Bahkan diprediksi, bakal mampu menembus angka US$10 miliar pada pekan ini atau mungkin lebih awal lagi.

Avatar berlabel Twentieth Century Fox's ini ternyata mengalahkan semua model prakiraan. Ia mampu melebihi target yang ditentukan sebelumnya. Kabarnya, itu bisa terjadi karena promosi dari mulut ke mulut yang mengatakan film tiga dimensi James Cameron ini berkualitas dan patut ditonton. Promosi itu di luar promosi standar yang sudah dilakukan.

Pencapaian awal US$242,5 juta merupakan yang terbaik yang pernah diraih sebuah film nonsequel. Pendapatan lokal di Amerika mampu mengangkut US$77 juta dari target awal US$73 juta. Sementara profit dari luar Amerika, berhasil meraup US$165,5 juta jauh melebihi sasaran awal yang hanya sebesar US$159,2 juta.

Tentang pencapaian US$165,5 juta, film Cameron ini mencetak pembukaan terbaik sepanjang masa internasional, mengalahkan US$165.4 juta pembukaan Transformers: Revenge of the Fallen.

Untuk pencapaian dalam negeri dengan pencapaian US$77 Juta, Avatar berada di bawah I Am Legend Will Smith yang memegang rekor untuk pembukaan US$77,2 juta.

Avatar yang diputar di 3.452 teater, 2.023 bioskop tiga dimensi yang terus masih berjalan penayangannya itu bakal terus meraih keuntungan karena masih bertahan sebagai peringkat pertama di 65 negara, belum termasuk di Jepang dan Cina.

Rusia memimpin dengan sekitar US$20,8 juta, diikuti Prancis US$20,3 juta di Perancis dan Inggris dengan US$14,1 juta. Menyusul Korea Selatan US$11,4 juta, Spanyol US$10,9 juta dan India US$4,7 juta.

Secara jangka pendek dan jangka panjang film berbiaya produksi US$310 juta ini menguntungkan, walaupun kredit pajak membawa angka itu turun ke US$280 juta. Semetara untuk biaya studio mungkin menghabiskan paling mahal US$150 juta. Jelas angka itu sangat kecil dengan pencapaian Avatar yang diprediksi menembus US$10 miliar.

Torehan film terlaris itu, menjadikan Avatar diprediksi tetap bertahan di tangga teratas film terlaris dunia di ujung 2009 dan di awal 2010. Avatar diprediksi mampu mengatasi film lainnya yang keluar bersamaan pada hari Natal, seperti Alvin and the Chipmunks: The Squeakuel, Sherlock Holmes dan Up in the Air.

Target itu mengeyampingkan fakta Avatar sempat turun tiga persen pada Sabtu dan Minggu kemarin di pasar domestik. Hal itu terjadi karena badai kuat yang menyapu pantai timur, melumpuhkan kota termasuk Washington, Baltimore dan Philadelphia dan New York, Amerika Serikat.

Avatar pun tak khawatir karena semua film yang pernah tayang di bioskop juga mengalami nasib sama. A Christmas Carol yang turun 10% pada akhir pekan pembukaan. Lord of the Rings: The Return of the King pun dulu kehilangan 15% di hari Sabtu awal pembukaannya.

sumber: inilah.com

No comments:

Post a Comment