Tuesday, March 2, 2010

Gila Visitor - Histori Blog menjadi Spam Blog

Gila Visitor - Histori Blog menjadi Spam Blog cara memperbaiki blog dari tuduhan spamDengan jutaan penggunanya, Blogspot, yang sudah mempunya Pagerank 7 dan dengan berjalannya waktu kian membesar menjadi platform Blog yang tidak kalah dengan platform yang lain seperti Wordpress. Namun, kita tahu bahwa dalam sekian banyak blog yang terbentuk di bawah naungan blogspot tidak semuanya dapat dimonitor dengan mudah. Sehingga pada beberapa waktu lalu sempat ricuh seputar blog yang dianggap sebagai Spam Blog.

Di samping itu, apakah kita tahu apa yang dimaksud dengan Spam Blog? Apa kerugian dari terbentuknya Spam Blog?

Dengan analisa sederhana kita dapat menyimpulkan sendiri dari beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pihak Blogspot. Yang paling dikhawatirkan adalah adanya Duplikat Konten. Blog asli yang terkena korban copy paste menjadi sasaran pihak Blogspot sebagai Spam Blog karena terkontaminasi adanya Duplikat Konten.

Mengapa sebagai Blogger, tidak menanyakan pada diri sendiri apakah maksud utama atau tujuan awal membangun sebuah blog? Apakah hanya untuk membuat Spam Blog dengan banyaknya duplikat konten dalam suatu blog? Membuat blog diperlukan kreativitas dan pengembangan informasi untuk menjadikan hal tersebut menjadi lebih jelas dan dipandang baik untuk masyarakat.

Kembali ke masalah awal, Spam Blog telah banyak dijumpai dan tujuan mereka sebagian besar hanya satu yaitu mendapatkan pengunjung yang berlimpah tanpa mengetahui efek samping. Hal ini bisa kita lihat pada LintasBerita.com. Banyak Blog yang menggunakan platform Blogspot yang menggunakan artikel bertema unik untuk menarik ratusan bahkan ribuan pengunjung.

Mereka seperti tidak mengetahui efek samping dari aktivitas yang mereka lakukan. Pada satu hari mereka bahkan melakukan posting dalam jumlah besar. Menurut pengamatan, Blogspot mencurigai Spam Blog jika dalam satu hari memproduksi artikel (posting) lebih dari 24 post. Terlebih lagi yang mereka post bukanlah Unique Content yang lulus CopyScape, namun artikel yang sebagian besar dan hampir seluruhnya di-copy dari berbagai situs bahkan forum yang menyediakan informasi yang menghebohkan.

Apa kerugian munculnya Spam Blog?


Sepertinya sekarang sedang marak pemblokiran bahkan penghapusan suatu blog bahkan akun blogspot. Dijuampai di banyak forum dan GuestBook yang menjelaskan kejamnya Blogspot menghapus berbagai blog tanpa sepengetahuan pemilik. Nah, coba kita pikir, apakah Blogspot benar-benar menghapus blog yang melakukan Spam Blog? Atau blog yang dihapus tersebut cuma menjadi korban copas berbagai spammer untuk menjaring visitor? Sangat mengenaskan jika blog yang dihapus tersebut sama sekali tidak melakukan tindakan spamming atau bisa dibilang dengan pelaku penyalahgunaan.

Kebijakan baru adalah dilarangnya program PTR atau Paid to Review. Ini adalah salah satu program bisnis terbesar yang dapat meraup keuntungan dan dollar-dollar dari berbagai penyedia program tersebut. Jika Google sudah mengeluarkan larangan ini, apakah yang seharusnya kita lakukan? Kita juga sebagai warga Blogspot yang baik seharusnya dapat menaati peraturan ini.

Lakukan Perbaikan Blog


Ini adalah hal terpenting yang harus kita lakukan. Hindari berbagai penyalahgunaan aturan yang telah dilarang oleh Google. Sebaiknya mulailah hapus berbagai konten hasil copas dan sebaliknya, buatlah konten yang unik dan lolos CopyScape pada Search Engine. Jika sudah terlanjur, ingatlah kata berikut ini:
Mulailah dari sekarang untuk menjadi diri sendiri, bangun kreativitas dalam diri dan mandiri sebagai seorang Blogger Sejati

Oh ya, ingat juga untuk menjadwal posting artikel anda, jangan terlalu berlebihan.

Selanjutnya, Ekspor blog Anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti penghapusan blog secara tiba-tiba. Jika sudah ter-ekspor, anda bisa meng-impor artikel blog anda kembali tanpa kurang suatu apapun. Cara ekspor data blog adalah sebagai berikut:
  1. Login - Setting - Ekspor BlogGila Visitor - Histori Blog menjadi Spam Blog

  2. Klik Unduh Blog


Dengan hal ini, kita dapat menghindari jika suatu saat Blogspot menghapus blog kita secara tiba-tiba. Dan kembali kepada tema posting kali ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa:
Janganlah tergiur dengan visitor yang melimpah jika kita hanya merugikan berbagai pihak seperti blog lain. Memang visitor adalah target suatu blog, tapi apa manfaatnya jika tidak ada yang kita dapatkan apalagi sampai membunuh blog lain. Buatlah blog menjadi sehat dan jangan biarkan blog menjadi lahan Spamming apalagi terdeteksi sebagai Spam Blog
Semoga postingan ini berguna untuk semua. Mohon maaf jika bahasa yang saya gunakan kurang dimengerti. [ardi33]

No comments:

Post a Comment