Sunday, March 14, 2010

Blogging Hanya Mengincar Popularitas dan Traffic?

Blogging Hanya Mengincar Popularitas dan Traffic?Penulis: GADO GADO



Blogging memang sudah menjadi bahan dasar di hidup para blogger. Namun seringkali kita melupakan hal hal yang mendasar tentang tujuan membuat blog. Memang blog bisa dapat menghasilkan uang yang terus mengalir ke rekening, namun apakah para pengunjung blog dapat merasa terhibur atas blog anda yang penuh iklan? Jelas tidak.

Dengan kuatnya arus globalisasi, sekarang blogging memang sudah sangat praktis untuk dilakukan. Dengan biaya yang kecil, anda bisa membuat blog sedemikian rupa. Namun semuanya kembali kepada anda para pembuat blog dengan tujuannya masing-masing.

Berikut adalah kekeliruan para Blogger tentang manfaat dan tujuan blogging :
  1. Blog yang baik adalah blog yang bisa menghibur pengunjung.

    Banyaknya blog sekarang ini bisa menjadi sebuah persaingan yang amat rumit untuk dijalani. Ada yang sudah membangun blog sangat lama, namun blognya tidak ada perubahan. Blog itu ibarat film. Jika film tersebut film horor, kita akan bosan untuk melihatnya kalau film tersebut hanya menampilkan hanya penampakan-penampakkan semata. Tapi baiknya film itu adalah jika ditambahkan sesuatu di dalamnya. Seperti adegan lucunya. Dari cerita tersebut kita bisa menarik kesimpulan. Jika misalnya blog tersebut memilki topik yang terlalu serius, janganlah menjadikan semua tulisan menjadi serius. Tambahkanlah suatu humor di dalamnya. Otomatis para pembaca tidak akan merasa bosan saat membaca.

  2. Halaman awal blog berisi banyak iklan.

    Iklan di blog memang sangat berguna jika ingin mendapat penghasilan. Namun, apakah orang akan segan membuka blog anda kembali?

    Janganlah mengambil dasar blogging hanya untuk mencari penghasilan. Buatlah blog yang dapat menjadi acuan para pengunjung untuk kembali lagi ke blog anda.

  3. Mementingkan Search Engine

    Banyak juga para blogger menulis hanya untuk mesin pencari (search engine). Kita ambil contoh saja. Misalnya ada berita gempa bumi. Langsunglah si pembuat artikel untuk search engine membuat artikel tentang gempa bumi. Namun, saat dibuka artikel tersebut, hasilnya apa? Hanya kumpulan sampah-sampah keyword. Memang artikel tersebut menuliskan kata gempa bumi, namun apakah yang dicari oleh pengunjung adalah tentang kata-kata gempa bumi? Jelas tidak.

  4. Blogging Demi Trafik

    Satu lagi masalah. Blogging demi trafik bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun memang banyak yang beranggapan bahwa blogging itu tujuannya adalah mendatangkan pembaca? Itu juga salah.

    Blogging adalah tempat untuk mendapatkan banyak informasi, baik berita bahkan tips dan trik sekalipun. Jadi, alangkah baiknya kita tidak perlu memikirkan trafik, pikirlah bagaimana cara agar pengunjung dapat mendapat informasi yang tepat yang ia minta.

No comments:

Post a Comment